Apa itu API pada dunia programming?

API adalah

Apa itu API? API (dibaca ei pi ai ; singkatan dari Application Programming Interface) adalah sebuah interface/protokol dimana memungkinkan 2 aplikasi dapat saling berkomunikasi secara satu sama lain. Komunikasi ini tidak terbatas dalam hanya saling berbagi data, tapi bisa juga dalam hal memodifikasi data itu sendiri.

Bingung? Coba lihat ilustrasi dibawah :

apa itu API
ilustrasi API

Dari ilustrasi diatas kita bisa simpulkan bahwa API berperan dalam melakukan sinkronisasi terhadap database dan pengguna. Hal ini juga yang menjadi jawaban mengapa ketika kita membuka sebuah aplikasi facebook misalnya di mobile dan desktop, data yang ditampilkan sama/sinkron.

Sederhananya API itu terdiri dari dua sisi yakni Penyedia API (dalam hal ini developer/software engineer) dan Pengguna API. Penyedia API memberikan akses kepada pengguna untuk menggunakan fitur penyedia atau bahkan memberikan fitur dari pihak lain (pihak ketiga) kepada pengguna. Penjelasan menggunakan video bisa dilihat disini.

Fitur apa yang disediakan, itu jelas bergantung dari penyedia API itu sendiri. Penyedia bebas menentukan atau membuat aturan untuk API tersebut. API juga tidak terikat dalam sebuah bahasa pemrograman tertentu yang artinya bisa dibuat dari bahasa PHP, Java, Python dan sebagainya.

Cara API berkomunikasi

Cara berkomunikasinya menggunakan apa? Pada umumnya menggunakan endpoint/URL untuk melakukan koneksi/komunikasi. Tentu URL yang akan diakses berbeda dengan URL yang biasa kita akses dimana menghasilkan sebuah halaman dengan HTML,CSS dan lainnya. URL API yang kita akses hanya digunakan untuk mengirimkan data dan akan menerima return/kembalian data dengan format tipe data tertentu.

Format tipe data dari komunikasi antar aplikasi ini pada umumya menggunakan tipe data JSON (JavaScript Object Notation). Jadi data yang dikirimkan menggunakan JSON dan data yang akan diterima kembali juga adalah JSON. Dibawah ini merupakan contoh data JSON :

{
  "status"     : "200",
  "processTime": "123.52ms",
  "data" : {
    "userName" : "John Doe",
    "Age" : 32
  }
}

Sebagai contoh misalkan kita akan login facebook melalui aplikasi facebook di android, maka ketika kita telah mengisi email dan password dan menekan tombol login otomatis aplikasi facebook kita akan memanggil satu URL API tertentu dengan mengirimkan email dan password yang telah kita isi.

Setelah itu, di API tersebut akan dilakukan pengecekan ke database, apakah email dan password kita cocok dengan data yang tersimpan. Jika cocok, maka API akan mengirimkan response sukses dan kita bisa login. Namun jika salah, API akan mengirimkan response gagal berikut dengan pesan errornya.

Sekian artikel singkat mengenai apa itu API pada dunia pemrograman, next time kita akan coba membuat API dengan menggunakan salah satu bahasa pemrograman.

You May Also Like

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *