Cara mengatasi time out pada website (1)

cara mengatasi time out pada website

Cara mengatasi time out pada website . Ada beberapa kemungkinan mengapa hal ini bisa terjadi, sehingga kita harus melakukan tes satu per satu kepada bagian yang dicurigai menjadi penyebab timeout.

Secara garis besar penyebab timeout pada website ada 3, yaitu :

  1. Database
  2. Struktur kode
  3. Arsitektur dan Server

Sehingga ketiganya kita harus optimasi agar timeout tidak terjadi lagi di website kita. Biar lebih enak, kita bahasnya satu persatu. Sebab jika dibahas semua dalam satu artikel cakupannya terlalu luas dan menjadikan artikel ini terlalu panjang serta tidak enak dibaca.

Mengatasi time out pada website

Oke, kita mulai bahas dari optimasi database.

Hal paling mendasar yang bisa dilakukan untuk melakukan optimasi database adalah dengan melakukan indexing kolom pada table data kita. Mengenai indexing secara spesifik akan saya bahas terpisah nantinya, namun yang perlu kita ketahui dengan melakukan indexing, query ke database akan lebih singkat karena memotong jumlah baris/kolom pada table yang akan diperiksa.

Agar lebih sederhana, saya memberikan ilustrasi seperti ini. Coba perhatikan query dibawah :

SELECT * FROM pengguna WHERE nama LIKE "%abdul%"

Jika tidak menggunakan indexing, maka pencarian akan dilakukan di seluruh baris database kita yang kolom ‘nama’ nya terdapat kata abdul. Tentu jika jumlah barisnya hanya 100 atau 1000 mungkin tidak terasa lambat. Namun jika sudah masuk ke puluhan ribu – ratusan ribu baris (apalagi jutaan) akan sangat terasa lambat performancenya.

Sedangkan jika ada indexing pada field/kolom ‘nama’, maka proses pencarian tidak akan dilakukan ke seluruh baris karena sudah ada pengelompokan sebelumnya yang melalui proses indexing oleh database.

Apakah semua field harus di indexing? Ngak juga, indexing dilakukan pada kolom yang masuk dalam pengkondisian (WHERE) pada query.

Selain itu, struktur table juga perlu diperhatikan. Karena sangat berpengaruh terhadap query kita nantinya. Jika struktur salah/kurang tepat, query juga tidak akan efisien dan tentu saja berpengaruh pada performa website kita. Hal ini juga merupakan salah satu penyebab utama mengapa website bisa timeout.

Mengenai struktur table juga akan kita bahas dibagian lain, mengingat pembahasan mengenai hal ini cukup panjang dan membutuhkan banyak contoh.

Sekian artikel sederhana mengenai cara mengatasi time out pada website kali ini. Untuk penyebab kedua dan ketiga kita bahas di artikel selanjutnya.

Incoming search terms:

  • nu vot

You May Also Like

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *