Perbedaan MySQL dan MySQLi pada PHP?

perbedaan mysql dan mysqli

Perbedaan MySQL dan MySQLi – Mungkin sebagian dari teman-teman yang sedang belajar PHP saat mencari-cari tutorial menemukan ada yang menggunakan sintax mysql dan mysqli. Apasih perbedaan keduanya? Sebelum menjawab itu, kita bahas dulu apa itu sintax mysql dan mysqli.

Pada dasarnya MySQL adalah driver database di bahasa pemrograman PHP dan MySQLi adalah pengembangan dari MySQL itu sendiri. Huruf “i” pada MySQLi adalah kepanjangan dari Improvement.

MySQL hanya bisa digunakan dalam proses procedural dalam PHP dan tidak mendukung OOP (Object Oriented Programming). Sedangkan MySQLi mendukung OOP dan juga prepared statement yang mana dapat melindungi kita dari percobaan peretasan menggunakan teknik SQL Injection.

Apa itu OOP?

Biar ngak bingung, saya coba jelasin sedikit apa itu OOP. Secara sederhana OOP adalah suatu metode pemrograman berbasis objek, dimana objek-objek yang telah dibuat tersebut reuse-able (bisa digunakan kembali) sehingga mengurangi kode-kode yang redundant. Nah, objek itu sendiri bisa jadi terdiri dari beberapa objek yang lebih kecil lainnya.

Biar ngak bingung saya kasi contoh sebuah mobil. Mobil adalah sebuah objek besar yang terdiri dari objek-objek lainnya seperti 4 buah ban, mesin, lampu, knalpot, setir, persenelan dan yang lainnya. Mobil sebagai objek yang terbentuk dari objek-objek kecil tadi saling berhubungan, berinteraksi/berkomunikasi dengan objek yang lain. Nah, begitupun dalam OOP setiap objek akan saling berhugungan, berinteraksi atau bahkan bertukar data satu sama lain.

Perbedaan MySQL dan MySQLi

Oke kembali ke MySQLi, berikut kelebihan dari MySQLi :

  1. Interface berorientasi objek
  2. Mendukung penggunaan prepared statement
  3. Mendukung multiple statement
  4. Fungsi database transaction
  5. Kemampuan untuk melakukan debugging lebih baik

Perlu dicatat bahwa MySQL tidak dianjurkan untuk digunakan lagi sejak PHP versi 5.5.0, dan telah di hapus di PHP versi 7 keatas.

Sekian tentang perbedaan MySQL dan MySQLi pada PHP. Jika ingin belajar tentang mysqli dan PHP procedural, kalian bisa mengunjungi halaman ini namun jika teman-teman masih pemula dan merasa kesulitan dalam programming, teman-teman bisa simak 8 tipsnya disini.

You May Also Like

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *